BKPSDM Bolmong Selatan
Website Resmi BKPSDM Bolmong Selatan
Berita 19/09/2018

Alur Pendaftaran CASN di Bolsel Gunakan Petunjuk Pusat

Kepala OPD saat diambil sumpah jabatannya di Desa Adow belum lama ini

Untuk alur pendaftaran dan perekrutan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2018 Badan Kepegawaian Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggunakan petunjuk pendaftaran dari pusat.

Sebagaimana yang diiutarakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Mutasi dan Data Shandy Lamato, Rabu (19/9) di sela-sela aktivitas kerjannya saat dikonfirmasi oleh Tribun Manado.

“Nah, kalau petunjuk pendaftaran kami pakai punya pusat,” jelas Shandy.

Kata dia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses registrasi pendaftaran secara online yang kebanyakan menyebakan calon peserta CASN gugur di awal perjalanan.

“Yang terpenting itu calon peserta segera sinkronisasikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan data base di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya penerimaan CPNS Kementrian paling banyak masalah,” terangnya.

Kata dia, untuk mempelajari lebih lanjut terkait sistem pendaftaran bisa download langsung secara online dalam bentuk dokumen PDF dengan judul pebu petunjuk pedaftaran CPNS Nasional 2018.

Pertama membuka blog https:sscn.bkn.go.id, kemudian membuat akun sscn dengan mengisi menu registrasi memasukan NIK Nomor KK, memasukan alamat email, mengunggah pas foto minimal berukuran 120 kb dan maksimal 200 kb dengan fotmat JPG, dan mencetak kartu informasi akun sscn.

“Kemudian pelamar login ke portal sscn menggunakan NIK dan pasword yang didafttarkan,” jelasnya.

Setelah itu pelamar mengunggah foto berdiri memegang KTP dan KK, menginformasikan akun sebagai bukti telah mendaftar, memilih formasi jabatan sesuai yang akan dilamar, melengkapi data pada form yang tersedia, mengunggah dokumen sesuai instansi yang dilamar, mengecek ulang form rerume, dan mencetak kartu peserta.

“Ingat pendaftar hanya dapat memilih satu jabatan pada satu formasi dan satu instansi,” jelasnya.

Sbagai bukti fisik nanti jika dinyatakan lulus maka pendaftar wajib menyediakan dokumen asli dan salinan berupa KK, KTP, Ijazah, Transkrip nilai, Pas foto, dokumen lain sesuai persyaratan instansi yang dikirim.

Sementara itu Refa, satu diantara calon pelamar mengatakan, kesulitan membuka portal sscn untuk melakukan proses pendaftaran.

“Kesulitan sampai saat ini belum bisa login,” terangnya.

Kata dia, pendaftaran secara online menyulitkan peserta apalagi yang berada di lokasi singnal internet yang minim, maka sangat mustahil untuk mendaftar.

“Kecuali berpindah tempat ke Molibagu, jaringannya lumayan bagus meski mandat sedikit-sedikit,” jelasnya

(Sumber : http://manado.tribunnews.com)