Website Resmi BKPSDM Bolmong Selatan
Berita 24/09/2018

Ini Persyaratan Penting Pendaftaran CPNS di Bolsel

Kantor Bupati Bolaang Mongondow Selatan

Apakah anda baru pertama kali mendaftar Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) via online?

Nah ini beberapa persyaratan penting yang harus diperhatikan menurut Kepala Bidang (Kabid) Mutasi dan Data di Kantor Badan Kepgawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Shandy Lamato, Minggu (23/09/2018) di sela-sela aktivitas kerjanya.

Yang pertama membuat surat lamaran dengan tulisan tangan sendiri mengggunakan tinta hitam dan huruf kapital, dan ditandatangani sendiri menggunakan materai Rp 6000 sebanyak dua rangkap ditujukan kepada bupati Bolsel dengan melampirkan fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir oleh perguruan tinggi dimana peserta menuntut ilmu.

“Sertakan pas foto warna berlatar belakang merah ukuran 3x4 sebanyak tiga lembar dan surat peryataan tidak pernah dihukum penjara,” jelas Shandy.

Kemudian surat pernyataan tidak akan mengajukan pindah tugas sebelum memiliki masa kerja sekurang-kurangnya 10 tahun sejak diangkat menjadi CPNS di Bolsel.

“Nah surat pernyataan ini bisa diunduh di https://sscn.bkn.go.id dan http://www.bolselkab.go.id, “ jelasnya.

Lanjut fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang masih berlaku sudah dilegalisir oleh pejabat di lingkungan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sebayak dua rangkap.

“Yang tidak kalah pentingnya hasil cetakan status mahasiswa di pangkalan data Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui https://forlap.ristekdikti.go.id,” jelasnya.

Dalam lamaran pelamar wajib menyebutkan jabatan yang akan dilamar, kemudian berkas disusun rapi sesuai dengan urutan dari atas.

Setelah itu memasukanya kedalam map berwarna merah untuk tenaga pendidik, biru untuk tenaga kesehatan, dan hijau untuk tenaga teknis.

“Jangan lupa pada bagian depan map tulis nama lengkap, pendidikan, jabatan, alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi,” tandasnya. (lix)

(Sumber : http://manado.tribunnews.com)