Website Resmi BKPSDM Bolmong Selatan
Berita 12/11/2018

Bupati Bolsel Akan Seriusi Hasil Ujian CPNS

Ujian Computer Asisten Test (CAT) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang digelar di Kantor Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara, resmi telah berakhir pada Jumat (09/11/2018).

Sayangnya, dari 1.640 peserta hanya sembilan (9) orang yang lulus mencapai angka standar passing grade yang ditentukan oleh pemerintah pusat.

Selain mengucapkan terima kasih dan selamat bagi panitia seleksi (Pansel) Bupati akan menseriusi hasil ujian tersebut di mana sebagian besar tidak mencapai angka passing grade yang dinilai oleh peserta terlalu tinggi.

“Selamat kepada peserta yang telah lulus memenuhi passing grade,” kata bupati yang dikalimatkan oleh Kepala Bagian (Kabag) Humas Setdakab Bolsel Ahmadi modeong, Minggu (11/11/2018) via pesan instan Telegram.

Melihat hasil ujian dan jumlah peserta yang lulus sangat minim kata Kamaru ini akan menjadi permasalahan tersendiri bagi daerah baru seperti Bolsel membutuhkan banyak tenaga PNS sesuai analisa kebutuhan daerah dan beban kerja.

“Tentu menjadi tantangan dan begitu juga dengan daerah lainnya yang kekurangan tenaga ASN,” jelasnya.

Untuk itu bupati menunggu laporan resmi dari Pansel CPNS terkait kondisi ini.

“Selanjutnya akan mengambil langkah dan format untuk membicarakan masalah ini lebih lanjut,” ucap Ahamadi.

Menurut dia, fenomena ribuan CPNS tumbang dalam ujian CAT karena tidak mampu mencapai passing grade tidak hanya dialami oleh Bolsel melainkan beberapa daerah lain yang telah menyelenggarakan ujian ini.

“Jika daerah-daerah lain bersedia, maka akan dibicarakan bersama. Tujuannya untuk bertemu dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kemenpan RB RI untuk melaporkan hasil ini secara tertulis, kemudian akan mendengar bagaimana tanggapan pemerintah pusat,” jelas Ahmadi

Disisi lain pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah.

Hal tersebut dilakukan mengingat ujian CAT masih berlangsung di beberapa daerah lain termasuk Minahasa Utara dan sebagainya.

“Karena ini terjadi hampir di semua daerah. Untuk itu bukan hanya Bolsel yang akan bertemu dengan pemerintah pusat. Mengingat keputusan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat terkait standar passing grade juga berlaku di semua daerah,” jelasnya.

Sebab jika nanti ada keputusan atau kebijakan dari pemerintah pusat menyikapi permasalahan ini juga nantinya akan berlaku bagi semua daerah.

“Sehingga di situ pentingnya kebersamaan setiap daerah,” tutupnya.

Sumber : http://manado.tribunnews.com