BKPSDM Bolmong Selatan
Website Resmi BKPSDM Bolmong Selatan
Berita 25/09/2019

Bolsel Raih BKN Award Kategori Implementasi Dan Pemanfaatan CAT

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana,Asisten Administrasi Umum Rikson Paputungan, & Kepala BKPSDM Kab.Bolaang Mongondow Selatan Ahmadi Modeong

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada 30 Instansi Pemerintah, melingkupi Kementerian, Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK), Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten yang berhasil menyabet penghargaan sebagai pelaksana manajemen ASN berdasarkan keunggulan di masing-masing kategori yang dinilai.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan menyampaikan bahwa BKN Award 2019 kali ini mencakup lima kriteria yakni: 1) Aspek perencanaan formasi dan pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun, 2) Implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT), 3) Penilaian kompetensi, 4) Implementasi Penilaian Kinerja, dan 5) Komitmen Pengawasan. Mekanisme penilaian BKN Award 2019 juga diawali dengan proses pengusulan daftar instansi terbaik yang meliputi enam kandidat di setiap kategorinya. “Kementerian, Lembaga Pemerintah Non-Kementerian yang dipilih oleh BKN pusat, sedangkan untuk Provinsi, Kabupaten/Kota tipe A, Kabupaten/Kota tipe B dan Kabupaten/Kota tipe C dipilih oleh Kantor Regional (Kanreg) BKN di wilayah kerjanya,” terang Ridwan.                              

Selain itu, di ajang Rakornas Kepegawaian 2019 ini juga disampaikan mengenai kebijakan dan rencana rekrutmen ASN tahun anggaran 2019. Pembahasan ini dibawakan oleh Deputi BKN Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Suharmen dan Deputi SDM KemenPANRB Setiawan Wangsaatmaja pada sesi akhir materi. Dari aspek infrastruktur seleksi, Suharmen mengutarakan soal kesiapan tools pendaftaran online melalui Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) berdasarkan kendala dan pengalaman seleksi sebelumnya. Begitu juga dengan sistem CAT BKN, sambungnya bahwa untuk pelaksanaan seleksi di lapangan, BKN akan bekerja sama dengan sejumlah K/L/D dari segi fasilitas tes dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dari segi sistem keamanan proses seleksi. Sementara Iwan Wangsaatmaja memaparkan agenda rekrutmen tahun ini yang rencananya akan diumumkan pada Oktober mendatang. Secara keseluruhan seleksi ASN 2019 akan berlangsung mulai Oktober sampai dengan April 2020.

Sebagai tambahan informasi, Kepala BKN dalam Rakornas Kepegawaian 2019 juga memperkenalkan fasilitas pembiayaan alternatif berbasis teknologi yang akan dimulai di lingkungan BKN yang merupakan alternatif pembiayaan mikro dengan suku bunga kompetitif dan proses yang cepat. “Kehadiran fasilitas ini dapat bersinergi dengan lembaga keuangan lainnya untuk memberikan dampak positif bagi ASN, sehingga dapat memaksimalkan inklusi keuangan di Indonesia,” ungkapnya.